Om Iwan bilang Hijrah!

Beberapa waktu lalu ada salah satu akun twitter, menanyakan lagu favorit kalo lagi jalan apa? gue biasanya sih jarang denger lagu kalo lagi jalan. Nguras batere gadget soalnya, maklumin udah soak binti mahmud. Tapi kalo lagi stay dipenginapan sih gapapa atau dalam keadaan tertentu misalnya, turun gunung via jalur senaru Rinjani jam 1 dini hari. Niatnya sih buat ngusir rasa was-was karna memang jalur senaru terkenal angker. Gue bukannya enjoy dengerin lagu malah makin merinding karna diikutin bau kembang dan denger suara dangdutan, ngeri-ngeri sedap lah. Tapi diluar itu sebenernya setiap perjalanan lebih enjoy dengan telinga terbuka dengerin suara sekitar. Mata celingak-celinguk kian kemari, dibanding cuma nunduk  macam anak babi ke layar gadget. 

“put down your gadget and camera. Takes deep of breath and enjoy the view”.

Ngomong-ngomongin lagu favorit, ada sebuah lagu yang diciptain sama om iwan saat gue baru berumur 2 taun. Tapi bisa bikin gue merinding 22 tahun kemudian. Dugaan gue, lagu ini diciptain disaat keadaan jakarta seperti sekarang, persis!

Potret mewah Jakarta, Sumber : google.com

***

Lagu dua – Iwan Fals 

Jakarta sudah habis
musim kemarau api
musim penghujan banjir.

Jakarta tidak bersahabat
api dan airnya bencana
entah karna kebodohan,kecerobohan, atau keserakahan.

Jakarta sudah habis
diatasnya berdiri bangunan-bangunan industri
disekitar bangunan itu
bangunin-bangunin memproduksi belatung.

Jakarta sudah habis
warna tanahnya merah kecoklat-coklatan
mirip dengan darah
mirip dengan api
mirip dengan air mata.

Tanah Jakarta sedang gelisah
jangan lagi dibuat marah
tanah Jakarta sedang gelisah
jangan lagi dibuat marah.

Jakarta sudah habis
dijalan jalan marah (dijalan)
dijalan marah marah
Dirumah rumah marah (dirumah)
dirumah marah marah
apa enaknya?

Jakarta sudah habis
empat puluh persen rakyatnya
beli air dari PAM
sisanya gali sendiri.

Persoalannya gali pakai apa
tentu saja gali pakai duit
duitnya dibuat dari air mata asli.

Jakarta sudah habis.

Sebentar lagi kita akan menjual air mata kita sendiri
karena air mata kita
adalah air kehidupan.

Jakarta sudah habis
tetapi Indonesia bukan cuma Jakarta
Jakarta….
Jakarta….

cuma enak buat cari duit saja
nah kalo duit sudah punya
Hijrah saja
Hijrah saja
Hijrah saja
Hijrah saja

Tanah Jakarta sedang gelisah
jangan lagi dibuat marah
tanah Jakarta sedang gelisah
jangan lagi dibuat marah.

abc.net.au
Tempat yang enak buat cari duit, memang…

Jakarta
Jakarta
Jakarta
Hijrah saja

Jakarta sudah habis
musim kemarau api
musim penghujan banjir

Jakarta tidak bersahabat
api dan air bencana
entah karna kebodohan dan kecerobohan
atau keserakahan.

Jakarta sudah habis…
Jakarta sudah habis…….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s