Nyasar 8 Hari di bulan Ramadhan…(Part 2)

Dunia masih enggan buat  dimelekin sama mata, sleeping bag ga mau buat ngelipet sendiri, dan air sedingin es kutub yang baru meleleh akibat pemanasan global males buat ngebilas badan, sementara kita harus melanjutkan perjalanan ke selatan Malang.  Tepat pukul 9 pagi kita meninggalkan penginapan. “kok ga dikasih sarapan ya??” ,“oiya lupa kan lagi puasa” . Lanjut menuju terminal kota yang bersebrangan dengan pasar besar kota Batu di jalan Sartika dewi.

100_0420

Mini bus jurusan Gampit  yang gue gunain ke pasar Turen lumayan nyaman lah, lumayan. Hari itu cukup sepi cuma ada beberapa pelajar yang menumpang tapi ga tau juga, kali aja rame pas gue molor, hehehe. Intinya perjalanan gue lancar jaya dan bisa molor karna disamping gue ada bujeh, biasanya cewe jarang yang tidur di bus apalagi cewe jejadian kayak sobat gue ini, jadi intinya duduklah disamping cewe biar bisa MOLOR :’O (nguap)

Beberapa bulan setelah gue balik dari perjalanan ini, ngobrol ngalor ngidul sama temen namanya Ryan Kudo. Ternyata bis dari Gadang ke Turen ini ga aman, ada komplotan bocah-bocah yang biasa buat nyilet..tau silet??buat cukuran segala jenis bulu, mulai dari bulu kete, pusar…skip… ya mereka bakal menyilet tas lo tanpa lo sadari dengan berani dan menggunakan trik-trik yang cerdik menurut temen gue.

Ryan : “ tas temen gue nyaris disilet untung aja keburu nyampe di Turen”

Gue : “trus lu diem aja gitu,kenapa ga minta tolong dicukurin sekalian?”

Ryan : “Gue tereakin copet pas udah turun, kocar kuacirr dah tuh “

Untung gue jalan pas bulan puasa, segala bentuk syetan dan kebatilan dipending dulu ampe abis lebaran.

*Noted : Kalo lo ada feeling atau merasa ada hal-hal mencurigakan di atas kendaraan umum semacam copet atau tukang silet jangan panik, apalagi bingung, tetap stay cool trus bilang ke sopirnya “kiri pak” trus nyampe bawah tarik napas yang dalam tereak copet sekenceng-kencengnya. It works!

Hidung mulai gatel hingga ngebangunin gue,sambil elap iler hissshhipp. Ternyata bau pantai sodara-sodara, gue dilempar diturunin sopir angdes tepat didepan sebuah warung. Sembari  pak sopir nurunin ngelempar ransel dari atap mobil, gue ngobrol sama pemilik warung namanya bu Mami. Bu Mami ini orangnya gendut, sangar , kalo kata gue emg mirip mami-mami yang di saritem gitu deh,walopun gue belom pernah kesono tapi cukup ramah kok orangnya.

Kalo lo mau nyari perahu buat nyebrang ke pulau sempu, tinggal bilang aja ama bu mami ini. Nanti dicariin sama dia perahunya, ga bisa dibilang calo juga sih. Nyari perahu sendiri tetep aja bayarnya 100rebu satu kapal buat pulang-pergi. Sebelum cuss ke Pulau Sempu kita harus minta ijin dulu ke ke kepala bos pos penjagaan Pulau Sempu.

Gue dipersilahkan masuk ke ruangannya yang berukuran 2.5m x 2.5m. Setelah ngobrol 4 mata dengan kepala bos pos penjaga konservasi cagar alam pulau sempu yang terhormat ini. Intinya gue ga dibolehin nyebrang,karna pulau sempu sebenarnya bukan pulau wisata tapi cagar alam jadi harus memiliki SIMAKSI (Surat izin memasuki kawasan konservasi) yang didapatkan di Bagan Konservasi Jawa Timur di Jalan Raya Juanda , Surabaya.. waddeessuuww..

Tapi sebelumnya gue udah dibisikin sama bu mami, “ Kalo kamu diribetin atau ga dibolehin buat nyebrang, tenang saya tetap akan menyebrangin kamu ke Pulau Sempu. Biarin aja dia yang ga dapat jatah ini”…hmmm.. ..gue tembak langsung aja si bapaknya “jadi kira-kira buat dana sukarela buat kebersihan pulau barapa ya pak?” Nah disini raut mukanya jadi dipenuhi senyum kemenangan. “ Seikhlasnya aja dek,karna blla blla..blaa…blaa”, Gue kasih gocap ke jidatnya mamam dah tuh. Inilah cermin birokrasi kita, dan gue juga ikutan melempar kotoran sendiri kemuka karna mengikuti aturan main birokrasi ini.

Kampung Nelayan Sendang Biru
Kampung Nelayan Sendang Biru
000_0004
Naik elang kok diatas laut –“
Peta Pulau Sempu
Peta Pulau Sempu

Garis Abu-abu kira-kira trek yang kita lalui buat mencapai sagara anakan, Pulau Sempu ini udah banyak makan korban lo. Udah banyak tourist macam kita yang tersesat disini, jadi kalo lo ga cukup mental mending pake Guide deh.

100_0432
Penampakan Teluk Semut, *lambaikan tangan ke perahu
Touchdown Sagara Anakan
Touchdown Sagara Anakan

Total perjalanan bersih tanpa pengotor dari penginapan sampai sagara anakan sekitar 365 menit 20 detik sekian.  Kelamaan ya? “ ga bisa ditawar lagi nih?” ga bisa!!  Ga banyak yang bisa gue ceritain selama perjalanan gue gonta ganti angkot, mini bus , hingga naek perahu. Otak gue nge-blank gara-gara sahur cuma diganjel ama Ind*mie rebus ga pake telor  -_-“

Diagram alir kece dari Batu ke sampai Ke Sagara Anakan Pulau sempu

BatuAngkot, berkode BL 3rebu, 30 Menit>LandungsariAngkot, berkode ADL 3rebu, 60 Menit>St.MalangAngkot, Berkode AG 3rebu, 45 Menit>Terminal GadangMinibus jur.Dampit 5rebu, 45 Menit>Pasar TurenAngdes,12rebu, 110 Menit>Kampung Nelayan Sendang BiruPerahu,100rebu pp,15 Menit>Teluk SemutTrakking,gratis, 60Menit>Sagara Anakan P. Sempu

Tadaaaaaa
Tadaaaaaa Our private island

Trus ngapaian aja di Sagara anakan? Check this out

3 sekawan Bodoh!
3 sekawan Bodoh!
pergi bertiga pulang ber7
pergi bertiga pulang ber7

Tiap lo nge-trip jangan autist sendiri, jangan lupa bersosialisasi juga. Lumayang nambah temen,syukur-syukur bisa jadi sodara apalagi kalo dapet pasangan..cihuyy banget kan.. Karna sosial tadi lah gue dapet tumpangan gratis buat balik ke malang, mayan kan,mayan.

Nyengir sambil bilang, Entjoy!!!
Nyengir sambil bilang, Entjoy!!!
Bye -Bye Sempu, we miss you..mwuachh..
Bye -Bye Sempu, we miss you..mwuachh..

“Mungkin lo pernah ketemu orang – orang  ini saat dikota tapi lo ga akan pernah bisa menyapa mereka dengan mudah,Itu lah keajaiban travelling” – D.Guci

– Nyasar 8 Hari di bulan Ramadhan…(Part 3) –

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s