Bukit Langkisau Alarm Alami

Sekitar 10 hari yang lalu saat di pesawat menuju Bandara Internasional Minangkabau, gue ngeliat gunung Kerinci, wah pengen banget kesana tapi apadaya lagi statusnya lagi ga single eh lagi waspada maksudnya.

Ternyata ada pemandangan menarik lainnya nya, tau gak gue liat apa, tau gak?? gue liat kumpulan pulau – pulau gitu rada” mirip ama Raja Ampat nya Papua lah,aselii hahaha..

Harus kesana tuh gimanapun juga, ga tau udah masuk provinsi Bengkulu apa masih di Sumatra barat. Dimulai lah perjalanan nyari Raja Ampatnya Sumatra, jengg jengg..

Berangkat dari Bukittinggi sekitar jam 11an nebeng ama motor temen mayan kan gratis, kalo naek travel liar 22ribu, kalo travel resmi kayak Tranex 18ribu. Nyampe dikota padang jam 1an langsung molor dikosan temen..

Besok paginya cuss ke Teluk Bayur, pelabuhan yang ada di kota Padang, gue naik travel gelap ke arah selatan yaitu kota Painan. Ongkosnya 25ribu garagaranya BBM naik, biasanya cuma 20ribu. Nah kalo mau ke painan  mendingan naik bis, sama di tempat travel ngetem juga ongkosnya cuma 5ribu, murah kan, murah tapi jarang-jarang adanya hahaha. Ada alternatif lain naik minibus  APS ongkosnya 17ribu, brangkat sekali 45 menit di daerah teluk bayur juga.

Plan awal mau ke jembatan aka (akar) , yaitu jembatan yang dihubungin sama 2 buah akar dari pohon gede gitu. Taunya kelewat 25 km, dan gue udah keburu nyampe dikota painan siyyall sekali. Karna hari masih menunjukan pukul 11.45, setelah 1 jam 45 menit perjalanan. gue memutuskan untuk langsung ke bukit langkisau, panass gila coyy.

Senyum anak pantai asli
Senyum anak pantai asli
Bang Deni Jenggot dan Four Wheel kesayangan
Bang Deni Jenggot dan Four Wheel kesayangan

Celingak – celinguk nyari jalan, akhirnya nemu juga dan gilanya nanjak terus kira-kira 60mana hari panas banget lagi.  Kira-kira udah keliatan ujungnya ada yang nawarin tumpangan, tanpa basa-basi hehe.

Cerita – cerita sama pemilik warung namanya Pak Anto, trek aspal ke bukit langkisau ini baru dibuat tahun 2005. Sebelum itu kita harus trekking dan beliau ini lah yang membawa minuman untuk dijual di puncak bukit langkisau dan membuat pondok disana.

Orang setempat ngasih beliau julukan dengan nama “Harimau langkisau” karna dulu sebelum jalur dibuka banyak harimau kumbang lalu lalang disana dan pernah tidur di depan pondok beliau. Pak Anto ini juga pernah ngeliat cewe berambut panjang ishhh apa ya kira-kira dan tentara tanpa kepala jalan ke puncak bukit, mungkin saat tewas kepalanya hilang kali ya..hihiihih..

Daerah Painan ini juga terkenal dengan sebutan “Painan Bapaga Tampat”  maksudnya Painan yang dikelilingi kuburan tua yang ga tau siapa pemiliknya. Salah satunya ada di puncak bukit langkisau ini yang konon katanya akan mengaum memberikan tanda jika ada bahaya datang,hmm semacam serine buat tsunami kali ya.

Kata pak Anto “ Bukannya kita musyrik mengagungkan makam tapi itu tanda yang di berikan Allah SWT kepada kita kebetulan melalui tampat(makam) yang kita ga tau ada punya siapa dan ada isinya atau tidak” Wallahu a’lam

IPulau Cingkuak, Benteng belanda
Pulau Cingkuak, Benteng belanda
Ibukota Pesisir selatan yang dilindungi bukit nan elok
Ibukota Pesisir selatan yang dilindungi bukit nan elok

Modal sepik-sepik akhirnya gue dikasih nginap gratis di tempat pak anto ini, yang katanya kalo nyewa bisa 200rb semalem..mayan kan..mayan kan…modal sosial speak hehehe. Nilai plus banget bisa menikmati kota Painan dan Salido dari Bukit Langkisau.

Painan at night
Painan at night
Eksotisme salido dari bukit langkisau

Silhouette

Datang menyapa dan pulang disapa, saat itulah perjalanan mu terasa berarti” – D.Guci

Advertisements

2 thoughts on “Bukit Langkisau Alarm Alami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s